Pages

Sunday, December 5, 2010

review film cin(t)a

Mengapa Tuhan menciptakan kita berbeda-beda … jika Dia hanya ingin disembah dengan satu cara? (Annisa-CIN(T)A)

Film cin(t)a adalah sebuah film garapan sutradara Sammaria Simanjuntak yang mengisahkankan tentang cinta dan perbedaan antara Cina (Junky Soon) dan Annisa (Saira Jihan). perbedaan itu adalah perbedaan agama, ras dan umur yang menjadi pemisah cinta antara annisa dan cina. menariknya, film ini sering menyajikan dua pandangan yang berbeda terhadap suatu masalah. dua pandangan dari kaca mata islam dan katolik, jawa dan tionghoa. sungguh dua kaca mata yang sangat berjauhan dimana kita mengenal suku jawa adalah suku yang penduduknya paling banyak di indonesia sedangkan tionghoa adalah minoritas. begitupun antara islam dan katolik.

film ini mengambil setting di bandung pada tahun 2000. cina adalah mahasiswa baru di sebuah perguruan tinggi di bandung jurusan arsitektur yang energik dan dengan kejeniusannya ia mendapatkan beasiswa. sedangkan annisa adalah senior cina dengan kecantikan mutlak yang berstatus artis sinetron yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan dan seperti kebanyakan wanita cantik IPK annisa pas-pasan. seperti dalam filmnya cina berta: "hukum newton 1 : kecantikan berbanding terbalik dengan kepintaran".

kisah cinta mereka berdua sempat dicemooh karena perbedaan yang sangat antara keduanya. pada awalnya, mereka dapat mengatasi semuanya degan baik. namun, setelah adanya pengeboman gereja-gereja di indonesia. cina shock dan sadar bahwa dia adalah minoritas yang akan selalu diinjak mayoritas. selain hal itu, pada akhirnya cinta mereka harus berakir karena adanya maslah-masalah yang semakin membuat rumit. annisa yang dijodohkan, dan cina yang dipaksa bapaknya untuk pindah belajar ke singapura karena ada beasiswa disana.

gambarnya ada di : http://www.flickr.com/photos/38021652@N07/5236775444/in/photostream/

0 comments:

Post a Comment